Genetika Manusia, Masih Tetap Kontroversial Para Ahli

human genomGenom manusia terdiri dari dua set kromosom 23 – 46 kromosom dalam semua. Setiap orang tua memberikan kontribusi yang menentukan. Sekitar 97 persen dari genom terdiri dari urutan yang bukan merupakan kode protein dan memiliki fungsi yang tidak dikenal. Dalam sisa genom diperkirakan 70.000 gen. Fakta unik mencoba menguraikan beberapa penemuan dan dan pendapat yang sedikit kontroversial mengenai gen manusia
Sebuah molekul DNA terdiri dari tangga, membentuk gula dan fosfat, dan basa nukleotida empat: adenin (A), timin (T), sitosin (C), dan guanin (G). Kode genetik yang ditentukan oleh urutan basa nukleotida, dan tiap gen memiliki urutan yang unik dari pasangan basa. Para ilmuwan menggunakan dasar urutan ini untuk mencari posisi gen pada kromosom dan membangun sebuah peta genom manusia secara keseluruhan.
human genom-1
Proyek Genom Manusia (HGP) adalah program penelitian internasional yang dirancang untuk membangun peta genetik dan rincian fisik dari genom manusia, untuk menentukan urutan nukleotida lengkap dari DNA manusia, pelokalan yang diperkirakan 50.000-100.000 gen dalam genom manusia, dan melakukan analisis serupa pada genom organisme lain digunakan secara luas di beberapa laboratorium penelitian sebagai sistem model. Produk ilmiah dari HGP merupakan sumber informasi terperinci tentang struktur, organisasi dan fungsi dari DNA manusia, informasi yang merupakan himpunan dasar warisan “instruksi” untuk pengembangan dan fungsi manusia.
human genome
Karena keinginan berhasil mencapai tujuan-tujuan ambisius maka menuntut pengembangan berbagai teknologi baru. Hal ini juga akan membutuhkan informasi akurat dan cepat secara luas bagi para ilmuwan, dokter, dan lain-lain agar hasil dapat cepat digunakan untuk kepentingan umum. Peningkatan teknologi untuk penelitian biomedis dengan demikian akan menjadi produk lain yang penting dari HGP.
Dari dimulainya HGP itu jelas diakui bahwa akuisisi dan penggunaan pengetahuan genetik seperti itu akan memiliki implikasi penting bagi individu dan masyarakat dan akan menimbulkan sejumlah pilihan kebijakan untuk deliberasi publik dan profesional. Analisis implikasi etika, hukum, dan sosial pengetahuan genetik, dan pengembangan opsi kebijakan untuk kepentingan publik merupakan komponen utama dari upaya penelitian genom manusia.
Proyek Genom Manusia mengungkapkan bahwa manusia memiliki gen 30,000-40,000. Angka itu jauh lebih rendah dari yang diharapkan. Sebagai contoh, lalat buah memiliki 13.300 gen, gelang – 18.300 gen, mustard gulma – 25.700 gen.
Menurut analisis genetik, lebih dari 98% DNA manusia adalah identik dengan DNA simpanse. Bahkan, simpanse lebih dekat dengan manusia daripada orangutan dan gorila.”Manusia hanya merasa aneh melihat kera,” tulis psikolog Roger Fouts, Washington University di Ellensburg pada tahun 1997 dalam bukunya, “My Conversations With Chimpanzees”..
“Seorang musafir dari tanah antik … hidup dalam diri kita semua,” klaim Sykes, seorang profesor genetika dari Oxford. Traveler unik ini adalah DNA mitokondria, dapat membantu para ilmuwan dan arkeolog untuk mengungkap bersama penggalan sejarah umat manusia.
Penemuan Kontroversial
Sebuah fosil 3,5 juta tahun, manusia berwajah datar dari Kenya – Kenyanthropus platy-ops, menunjukkan sebuah fakta unik pohon keluarga manusia adalah jauh lebih rumit dari yang kita tahu. Implikasinya jelas: Lebih dari satu spesies pra-manusia berkeliling Afrika sejuta tahun yang lalu, dan tidak ada yang tahu bagaimana mereka berevolusi menjadi umat manusia. Fred Spoor, University College, London.
human-genom
Beberapa tahun yang lalu, spearpoints dan alat-alat lain manusia modern ditemukan di bawah lapisan abu vulkanik. Ketika Dr McIntyre, seorang anggota dari US Geological Survey, diundang ke lokasi abu, para arkeolog berpikir bisa setua 20.000 tahun, mendorong kedatangan manusia di Dunia Baru kembali sekitar 5.000 tahun. Tidak ada yang siap ketika seri uranium dan metode fisi pelacakan memberikan usia sangat mengherankan yaitu 250.000 tahun.
human gen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar